Pada umumnya organisasi bertujuan menyediakan nilai untuk pelanggan. Hal tersebut membutuhkan pelaksanaan berbagai kegiatan yang berbeda-beda, dan dapat dikonseptualisasikan dalam bentuk rantai nilai (value chain).
Rantai nilai organisasi terdiri dari lima aktivitas utama (primary activities) yang secara langsung memberikan nilai kepada para pelanggannya, yaitu:
1. Inbound logistics
terdiri dari penerimaan, penyimpanan, dan distribusi bahan-bahan masukan yang digunakan oleh organisasi untuk menghasilkan produk dan jasa yang dijualnya.
misalnya distribusi air yang dilakukan oleh Aqua dari sumber mata air hingga pabrik tanpa terputus.
2. Operasi (operations)
adalah aktivitas-aktivitas yang mengubah masukan menjadi jasa atau produk yang sudah jadi.
seperti pengepakan air yang telah dioleh kedalam botol.
3. Outbond logistics
adalah aktivitas-aktivitas yang melibatkan distribusi produk yang sudah jadi ke para pelanggan.
seperti pemasaran dari pabrik ke para pedagang.
4. Pemasaran dan penjualan
mengarah pada aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan membantu para pelanggan untuk membeli jasa atau produk yang dihasilkan organisasi.
contohnya adalah iklan Aqua di TV dan media cetak.
5. Pelayanan (service)
memberikan dukungan pelayanan purna jual kepada para pelanggan.
misalnya penyempurnaan pada tutup botol Aqua untuk menjamin kebersihan air minum.
Organisasi juga melaksanakan berbagai aktivitas pendukung (support activities) yang memungkinkan kelima aktivitas utama tersebut dilaksanakan secara efisien dan efektif. Aktivitas-aktivitas pendukung tersebut dapat dikelompokkan menjadi empat kategori, yaitu:
1. Infrastruktur perusahaan mengarah pada aktivitas-aktivitas akuntansi, keuangan, hukum, dan administrasi umum yang penting bagi sebuah organisasi untuk beroperasi. SIA adalah bagian dari infrastruktur perusahaan.
contoh: pencatatan hasil produksi dan pengeluaran dalam suatu periode.
2. Sumber daya manusia melibatkan aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan perekrutan, pengontrakan, pelatihan, dan pemberian kompensasi dan keuntungan bagi pegawai.
contoh: pelatihan para pekerja agar pekerjaan dapat berjalan efisien dan profesional.
3. Teknologi merupakan aktivitas yang meningkatkan produk atau jasa. Contoh: penelitian dan pengembangan, investasi dalam teknologi informasi yang baru, pengembangan Website, dan desain produk.
contoh: Aqua selalu melakukan riset untuk menguji kelayakan sumber air minum.
4. Pembelian (purchasing) termasuk seluruh aktivitas yang melibatkan perolehan bahan mentah, suplai, mesin, dan bangunan yang digunakan untuk melaksanakan aktivitas-aktivitas utama.
contoh: pembangunan pabrik di dekat sumber mata air yang telah teruji kelayakan airnya.
sumbernya dari sini
dengan penambahan contoh. kalau merasa kurang cocok antara pengertian dan contoh harap kasih tahu ya ^_^
0 komentar:
Posting Komentar