Nameless

Still find my true self

Harapan Ke Depan untuk Telematika dengan efek baik dan buruknya

Untuk menghadapi masa mendatang, diharapkan industri telematika mencari upaya agar konsumen dapat memanfaatkan teknologi yang tersedia se-optimal mungkin, sehingga industri telematika dapat memperoleh pendapatan semaksimal mungkin dari investasi yang telah dilakukan. Upaya peningkatan pemanfaatan teknologi telematika secara optimal oleh konsumen hanya dapat tercapai jika tersedia ragam aplikasi dan konten yang mampu memenuhi berbagai jenis kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, dengan mendorong bertumbuhnya industri kreatif berbasis telematika, diharapkan akan berkembang sebuah industri yang akan menjadi motor utama penggerak industri telematika tersebut. Aplikasi seperti e-learning, tele-medicine, social networking, sampai konten selular seperti mobile magazine, mobile news dan lainnya, adalah aplikasi unggulan yang disinyalir akan mampu menumbuhkan pengguna. Aplikasi unggulan tersebut seyogyanya juga mampu meningkatkan kualitas pengguna, yang akhirnya berujung kepada tumbuhnya industri akibat pemberdayaan pengguna.

Sistem telematika di masa depan harus memperhatikan karakteristik sebagai berikut:
* All IP based core network
* Multi-access interoperability
* Menawarkan macam-macam teknologi akses ke terminal user dalam suatu arsitektur seamless network
* Multi-mode terminal
* Teknologi akses berbeda terintegrasi dalam suatu platform common yang fleksibel dan expandable (software radio)
* Horizontal (intra-system) dan vertical (Inter-system) handover

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) juga tidak akan kalah dengan perkembangan TIK saat ini. Perangkat komputasi berskala terabyte, penggunaan multicore processor, penggunaan memory dengan multi slot serta peningkatan kapasitas harddisk multi terabyte akan banyak bermunculan dengan harga yang masuk akal. Komputasi berskala terabyte ini juga didukung dengan akses wireless dan wireline dengan akses bandwidth yang mencapai terabyte juga. Hal ini berakibat menumbuhkan faktor baru dari perkembangan teknologi. Antarmuka pun sudah semakin bersahabat, lihat saja software Microsoft, desktop UBuntu, GoogleApps, YahooApps Live semua berlomba menampilkan antarmuka yang terbaik dan lebih bersahabat dengan kecepatan akses yang semakin tinggi. Hal ini ditunjang oleh search engine yang semakin cepat mengumpulkan informasi yang dibutuhkan oleh penggunannya.

Pada akhirnya, era robotik akan segera muncul. Segenap mesin dengan kemampuan adaptif dan kemampuan belajar yang mandiri sudah banyak dibuat dalam skala industri kecil dan menengah, termasuk di tanah air. Jadi, dengan adanya teknologi manusia akan terus berkembang sehingga akan ada harapan-harapan tentang masa depan yang lebih baik.


Hal positif dari telematika adalah kemudahan dalam mendapatkan informasi yang diinginkan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. terutama dalam hal biaya transportasi yang juga berdampak pada polusi udara. dengan menekan transportasi berarti juga menekan angka polusi di bumi. hal lainnya adalah kita bisa berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus bertemu.

Hal negatif dari telematika adalah membuat manusia menjadi malas, karena semua hal yang diinginkan terlalu mudah untuk didapat membuat manusia semakin malas. hal negatif lainnya adalah nilai sosial menjadi menurun karena orang tidak harus saling bertemu untuk berkomunikasi, maka nilai-nilai etika dalam bersosialisasi akan terkikis. pengaruh buruk lainnya adalah ketergantungan pada sarana yang ada.

setiap penemuan pasti memiliki nilai positif dan negatif tinggal bagaimana kita menanggapai hal ini dengan bijak. jangan sampai pengaruh negatif lebih besar mempengaruhi kita daripada manfaat yang kita dapat. semoga dengan mengetahui akan kelebihan dan kekurangan anda dapat mengambil keputusan dengan bijak.

inilah contoh meja masa depan

0 komentar:

Posting Komentar